Cari Blog Ini

Jumat, 14 Desember 2018

Hal yang Trending di Google Search Tahun 2018 dan Apa Yang Akan Trending di Tahun 2019


JAKARTA - Di pengujung akhir 2018, Google merangkum hasil dari Year in Search 2018. Dalam laporannya, raksasa mesin pencarian tersebut memberikan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren 2018 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia.

Search Marketing Manager Google Indonesia, Mira Sumanti, mengatakan, tahun ini tren penelusuran di Indonesia didominasi oleh anak-anak muda yang terbagi ke dalam tiga kategori. "Google search tahun ini kami lihat tren penelusuran di Indonesia menjadi era anak-anak muda berkarya untuk Indonesia. Ada tiga teritori yg kami lihat di mana anak muda itu berkarya. Satu, saya melihat anak muda berkarya untuk membawa kebaikan, anak muda berkarya untuk menginspirasi bersama, dan anak muda berkarya untuk mengharumkan bangsa," ungkap Mira saat acara Google Year in Search di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Dia mencontohkan, bagaimana saat peristiwa bencana alam seperti gempa bumi Lombok dan Palu ada banyak masyarakat yang mencari cara membantu korban bencana. "Karena banyaknya pencarian tersebut, kami meluncurkan fitur untuk SOS Alert yang memudahkan pencarian seseorang atau memberikan informasi tentang seseorang di daerah bencana," ucap Mira.

Selain itu, perhelatan Asian Games 2018 yang di gelar di Indonesia juga menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat. Saat perhelatan akbar itu berlangsung, banyak orang yang ingin mengetahui update (perkembangan) raihan medali selama ajang tersebut.




Mira menegaskan, daftar tidak diurutkan berdasarkan tingkat popularitas hasil penelusuran. Melainkan melalui topik penelusuran paling tinggi dalam periode berkelanjutan sepanjang tahun ini dibandingkan tahun lalu.






Selanjutnya, kata Mira, dibandingkan tahun lalu, hanya ada sekitar 3 atau 4 dari konten lokal yang masuk top trending search. "Tapi tahun ini malah 70% bahkan 80% didominasi konten kreator dari Indonesia," tambahnya.

Berikut 15 topik pencarian teratas di Google Search Indonesia sepanjang 2018.

1. Piala Dunia Rusia 2018

2. Asian Games 2018

3. Piala AFF 2018

4. Karna Su Sayang

5. Nissa Sabyan

6. Deen Assalam

7. Meraih Bintang-Via Vallen

8. Lagi Syantik-Siti Badriah

9. Bukti-Virgoun

10. Liga 1 Indonesia 2018

11. AFC Champions League 2018

12. Indonesia Idol 2018

13. Liga Champions 2018

14. Piala Presiden 2018

15. Dilan 1990


Apa yang trending di Tahun 2019

Menjelang tahun 2019, Google membeberkan daftar pencarian yang diprediksi akan menjadi populer di tahun depan.

Search Marketing Manager Google Indonesia, Mira Sumantri, memprediksi akan ada banyak peristiwa penting dalam cakupan nasional yang terjadi pada 2019. Salah satunya adalah Pemilihan Umum (Pemilu).

Selain itu, tokoh-tokoh politik juga akan mendominasi dalam pencarian Google di Indonesia.

"Menurut saya prediksi tahun depan ya pasti tokoh dan peristiwa nasional itu paling tinggi dicari berhubung kita banyak peristiwa nasional penting ya tahun depan, mulai dari pemilu, sampai pelantikan presiden dan berbagai macam jadi saya memprediksi pasti pencarian tokoh dan pencarian peristiwa nasional pasti tinggi tahun depan," ujar Mira saat ditemui di acara Google Year in Search 2018 di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Selanjutnya, Mira menjelaskan bahwa ditahun depan Google masih akan melakukan metode yang sama dan sudah dipakai setiap tahunnya, yaitu dengan menggunakan algoritma Google Trends dan sistem internal yang dibangun sendiri oleh perusahaan.

"Ya, yang pasti metode yang digunakan akan sama lagi. Kita akan melihat perbandingan pencarian tokoh-tokoh tersebut di tahun ini dengan tahun depan," tuturnya.

Selain itu, jika ada berita yang viral di media sosial, menurut Mira, itu meningkatkan rasa penasaran para netizen, yang akhirnya mereka akan beralih ke Google untuk menjawab rasa penasarannya.

"Karena itu memang meningkatkan rasa keingin tahuan. Naturally akan ada korelasi antara berita yang viral dengan apa yang sedang trending di Google. Pengen cari info lebih lanjut atau verifikasi," pungkasnya.

(Sumber: www.sindonews.com)

Saat ini, apa yang trending atau viral di sosial media -- Bisa menjadi bahan liputan bagi seorang jurnalis online. Berdasarkan news value/ nilai berita, seorang jurnalis online mampu mengolah informasi tersebut dengan kaidah jurnalistik dan mampu menghasilkan berita yang bermanfaat bagi khalayak umum/ masyarakat.

1 komentar:

  1. Menurut saya adalah hal wajar bila mana setiap tahun akan ada hal viral yang tak terduga didalamnya. Seperti dalam youtube Indonesia atau youtube luar negri pasti akan dikemas tiap tahunnya didalam video Youtube Rewind. Terlebih lagi di Indonesia pada tahun 2018 banyak hal yg terjadi bahkan sampai bisa viral ke beberapa negara. Banyaknya hal viral disetiap tahun memunculkan rasa keingintahuan akan berita yang akan datang untuk tahun selanjutnya. Pada tahun 2019 yang akan datang ada momen pemilu yang mana pasti berita akan pemilu di indonesia akan viral di tahun 2019 nantinya. Google pula masih menggunakan algoritma Google Trends untuk dapat me-algoritma kan hal yang akan viral tahun 2019 nanti oleh sebab itu banyak dari masyarakat dunia beralih ke Google untuk memuaskan rasa ingintahuan mereka akan berita yang akan datang nantinya.

    BalasHapus