Cari Blog Ini

Sabtu, 15 September 2018

Perkembangan ICT 1: Sejarah Teknologi Informasi Komunikasi


Komunikasi banyak mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. Layaknya ilmu lain yang terus berkembang, ilmu tentang komunikasi ini juga terus mengalami perkembangan.

Perkembangan teknologi komunikasi dari segi pertumbuhannya dari masa ke masa terkait dengan itu terdapat pula beberapa aspek yang dikandung dalam perkembangan teknologi. Sehingga hal itu menjadi kebutuhan pokok manusia sebagai mahluk sosial, yang tidak dapat hidup sendiri - tanpa orang lain.

Sebelumnya, komunikasi hanya bisa dilakukan antara individu yang tinggal berdekatan. Bentuk komunikasi, salah satunya hanya dilakukan dilakukan dengan saling bertegur sapa dan bicara sebatas lingkungan hidupnya saja.

Dahulu juga orang yang tinggal di Indonesia tidak mengetahui apa yang terjadi di Amerika dan Eropa. Kejadian seperti ini tentu tidak akan kita dapati pada masa sekarang.

Dalam beberapa makalah dijelaskan bahwa sejarah teknologi komunikasi ini terbagi menjadi tiga, berikut pembagiannya:

  • Masa Prasejarah: Pada masa ini manusia telah menemukan cara berkomunikasi yang sangat efisien pada masanya, yaitu berupa gambar. Tentu kita pernah melihat bukti sejarah dari metode komunikasi ini, contohnya gambar-gambar yang terdapat di dinding gua yang menceritakan tentang suatu peristiwa. 
  • Masa Sejarah: Masa sejarah ini diawali dengan penemuan kertas oleh bangsa Cina. Semenjak ditemukannya kertas, manusia beralih dari menggambar di batu menjadi menulis di kertas-kertas. Dari penemuan ini, nantinya muncullah teknologi percetakan pertama kali menggunakan kayu. 
  • Masa Modern: Nah masa ini adalah masa yang sedang kita jalani saat ini. Teknologi masa kini sangat jauh maju dibanding dengan teknologi masa-masa sebelumnya. Salah satu pionir pembawa perubahan pada teknologi komunikasi adalah ketika ditemukannya gelombang radio dan dibuatnya alat komunikasi Radio. 
Di era modern, banyak sekali ditemukan alat teknologi komunikasi yang ditemukan, beberapa penemuan alat komunikasi sebagai berikut:
  • Telegraf dan Kode Morse, alat ini ditemukan oleh Samuel Morse dengan dua temannya, Sir William Cook dan Charles Wheatstone pada tahun 1837 M 
  • Telepon, alat ini ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1877 yang pengembangannya berdasarkan teknologi telegraf saat itu. 
  • Fotografi, alat ini pertama kali ditemukan oleh Edward Maybridge pada tahun yang sama dengan ditemukannya telepon 1877 M 
  • Pita Penyimpan Magnetis, alat ini berbentuk tape yang didalamnya terdapat pita dari bahan mylar guna menyimpan suara. Alat ini ditemukan pada tahun 1899 M 
  • Transistor, alat ini dikembangkan oleh peneliti di Bell Telephone pada tahun 1948. Alat ini nantinya yang memprakarsai munculnya alat-alat berbasis transistor lainnya seperti televisi dan satelit. 
  • Jaringan Komputer, awalnya jaringan komputer ini digunakan dalam militer guna mengendalikan sistem pengeboman dan peluncuran kendali jarak jauh, emat tahun setelah itu muncullah jaringan komputer pertama di Amerika Serikat pada tahun 1969 M dengan kekuatan 50 Kbps. 

Perkembangan Teknologi Komunikasi di Indonesia

Perkembangan teknologi komuniksi dan informasi mulai menemukan jalannya ketika Indonesia meluncurkan satelit untuk pertama kalinya pada tahun 1972 yang diberi nama Satelit Palapa. Berkat satelit ini, arus informasi dan komunikasi di Indonesia berkembang sangat pesat.

Sebelum berkembangnya teknologi komunikasi, masyarakat indonesia dahulu berkomunikasi dengan alat-alat komunikasi tradisional yang rata-rata hingga saat ini masih bisa kita jumpai alatnya di pedalaman desa.

Contohnya adalah Kentongan. Alat komunikasi tradisional yang satu ini pada masanya berfungsi sebagai alat komunikasi massal guna mengumpulkan masyarakat atau memberitahu masyarakat tentang terjadinya suatu kejadian.

Nah, perkembangan teknologi komunikasi di indonesia mulai terasa geliatnya ketika pada awal tahun 90-an telepon selular masuk ke indonesia. Tentu kalian ingat dengan pabrik handphone terbesar kala itu, pabrik itu bernama Nokia.

Meskipun dulu telepon selular baru bisa digunakan sebagai alat untuk nelpon dan sms yang tidak lebih dari 200an karakter, alat ini berhasil booming dan menjadi pionir kemajuan teknologi komunikasi secara massal.

Disisi yang lain, teknologi informasi juga mengalami kemajuan yang pesat bahkan sebelum teknologi komunikasi berkembang di Indonesia. Teknologi ini tidak lain dan tidak bukan adalah teknologi internet.

Teknologi internet ini mulai berkembang pesat di Indonesia pada tahun 1993. Pionir perubahan dan kemajuan internet ini adalah Universitas Indonesia dengan FASILKOM nya (Fasilitas Ilmu Komputer).

Pada tanggal 4 Maret 1993, untuk pertama kalinya Indonesia secara resmi terhubung dengan internet menggunakan protokol TCP/IP dan domain .id.

Kemudian setahun berikutnya pada 1994 muncullah Internet Service Provider (ISP) pertama di Indonesia dengan nama indonet. Setelah itu, tahun berikutnya PT Telkom dengan divisi teknologinya menyediakan sambungan leased line 14,4 Kbps dengan pengguna pertama Departemen Pekerjaan Umum Indonesia (www.pu.go.id).

Nah, setelah kemajuan ini, internet di Indonesia dalam 3 tahun mengalami kemajuan yang sangat pesat, bahkan dalam penuturan salah seorang ahli Indonesia merupakan salah satu negara dengan kemajuan teknologi internet tercepat bersama beberapa negara lain.

Baru setelah itu dikeluarkan lah Undang-Undang tentang Telekomunikasi pada tahun 1999.

Kemajuan teknologi mempunyai dampak positif dan negatif dalam beberapa aspek, diantara lain:

Bidang Ekonomi

Dampak Positif:
Pertumbuhan ekonomi semakin tinggi
Terjadinya industrialisasi
Produktifitas dalam berbagai tingkat ekonomi meningkat

Dampak Negatif: 
Dampak negatif dalam bidang ekonomi adalah munculnya berbagai kasus penipuan berbasis teknologi.

Bidang Politik

Dampak Positif:
Mudahnya tercapai suatu tujuan politik dengan teknologi komunikasi dan informasi
Ramah lingkungan, teknologi ini tidak menyebabkan dampak yang signifikan pada lingkungan sekitar.
Cepat, efisien, nyaman dan mudah
Terhubungnya politik dalam negeri dengan dunia luar atau dengan kata lain, politik internasional mengalami kemajuan pesat berkat teknologi komunikasi ini.

Dampak Negatif:
Biaya yang yang dikeluarkan lumayan mahal
Jangkauan akses yang kurang merata diseluruh pelosok negeri
Transparansi yang kurang
Privasi yang semakin sulit dijaga.

Bidang Sosial

Dampak Positif:
Dalam bidang sosial, kemajuan teknologi komunikasi dan informasi sangat mempengaruhi perilaku masyarakat secara luas. Contohnya saat ini teknologi komunikasi cetak seperti koran dan majalah sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke media online.

Begitu juga dalam sosial bisnis khususnya berdagang. Dengan perkembangan teknologi komunikasi yang pesat, model berdagang konvensional sudah mulai berubah dari yang dulunya menempati lahan tertentu, sekarang beralih ke lahan virtual.

Dampak Negatif:
Dampak negatif yang paling terasa adalah masyarakat yang tinggal di pedalaman semakin tertinggal dengan kemajuan teknologi ini. Kemudian dalam ranah sosial budaya juga terjadi penyimpangan yang sangat mengkhawatirkan, yakni dengan maraknya situs pornografi dan oknum-oknum yang menyediakan akses nya.

Dampak positif dapat menjadi alat atau sarana bagi kemajuan bangsa kita, sedangkan dampak negatif semaksimal mungkin dihindari, agar dampak itu tidak meracuni bangsa Indonesia.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. semakin majunya perkembangan teknologi membuat semua menjadi tampak mudah tetapi lebih banyak dampak negatifnya di bandingkan posotifnya, tergantung kita yang memanfaatkan nya bagaimana, manfaatkan teknologi dengan positif pergunakan dengan baik dan bermanfaat bagi diri kita sendiri, manfaatkan teknologi dengan positif contohnya mencari apa yang kita tidak mengerti seperti pelajaran di sekolah atau menggunakannya untuk mencari sesuatu yang penting bagi kita dan baik bagi diri kita yang dapat kita pelajari lagi agar lebih baik...

    BalasHapus
  3. Dari tahun ke tahun pasti teknologi semakin berkembang semisalnya di indonesia dari mulai kentongan sampai perangkat selular. ini merupakan kejadian yang sudah biasa dimana para manusia ingin sesuatu yang lebih dan mudah dalam berkomunikasi atau bekerja dibidang pekerjaannya masing masing. banyaknya dampak positif dari teknologi tidak memungkiri juga banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan saat ini. kita sebagai bangsa indonesia alangkah baiknya memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik dan benar.

    BalasHapus