Cari Blog Ini

Sabtu, 01 Desember 2018

Jurnalistk Online 11: Tips Meliput Berita Olahraga



Informasi seputar olahraga menjadi salah satu sumber pemberitaan setiap media; baik media konvensional maupun media online. Media saat ini memiliki ruang pemberitaan tersendiri untuk desk olahraga. Berita olahraga mungkin menjadi salah satu berita yang membuat bayak orang tertarik untuk membacanya. 

Berita seputar olahraga tak hanya mencakup soal sepakbola. Namun juga bisa mengulas kegiatan olahraga yang lain. Hal ini terkait kesibukan tiap individu yang makin meningkat, sehingga untuk menonton berita melalui televisi atau media cetak, tidak akan sempat. Inilah yang sebaiknya Anda manfaatkan untuk menulis berita seputar olahraga lewat blog pribadi. Berikut ini ada beberapa tips menulis berita seputar olahraga lewat blog yang Anda miliki.Yang juga cukup diminati oleh penonton adalah kritik yang dilontarkan pada berita laporan wartawan olahraga. Karena kritik ini membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang suatu cabang olahraga. Hal yang paling disukai oleh para penggemar olahraga yaitu membicarakan pelatih, atau manajer tim favorit mereka, dan kemampuan menilai wasit yang memimpin jalanya pertandingan.

Terdapat beberapa alur yang harus diketahui seseorang yang akan menjadi wartawan olahraga:

  1. Seorang wartawan olahraga harus paham dengan bidang olahraga yang ia sedang diliput. Hal yang diinginkan dalam penyajian berita olahraga yang banyak disukai oleh pembaca, maupun pendengar adalah gaya liputan yang informal, dan orisinal tanpa dibumbui bahasa yang basi, dan usang
  2. Pada berita olah raga jangan sampai menggunakan bahasa-bahasa liputan yang kaku. Hanya saja wartawan harus mengetahui beberapa bahasa teknis dalam berita olahraga. Misalnya saja kata “smesh” dalam bulu tangkis, kata “diving” pada olahraga sepak bola, dan bahasa teknis lain harus dipahami dengan baik oleh wartawan. 
  3. Sebaiknya wartawan menunjukkan sikap bersahabat dengan tim olahraga, menujukan ia dan para pembaca, menginginkan agar tim bermain fair play. Tetapi wartawan harus tetap menjaga kenetralannya. Dengan begitu akan dihasilkan liputan berita olahraga yang baik. 
  4. Anda harus perhatikan ketika menulis berita seputar olahraga menggarap keunikannya. Lewat keunikan inilah, para pengguna internet tertarik untuk membacanya. 
  5. Membuat judul yang menarik dan membuat penasaran para calon pembaca.Gunakan bahasa yang formal tetapi tidak kaku.Sesuaikan juga gaya bahasa dengan usia calon pembaca yang akan mengunjungi website Anda. Karena gaya bahasa seperti ini akan lebih disukai oleh para pembaca. 
  6. Cari orisinalitas berita, hal ini menjadi tips terpenting dalam menulis berita olahraga terbaru. Keaslian sumber berita membuat pembaca berita dengan konten yang sama persis tentu akan merasa bosan. Apalagi jika konten tersebut sudah diulang-ulang di beberapa website. Solusinya? Tentu saja jurnalis olahraga harus menulis ulang berita dari sebuah situs. Sunting bahasanya menggunakan bahasa Anda sendiri. Jangan lupa ganti judulnya dengan kalimat yang lebih unik. 
  7. Lakukan pembaruan yang lebih cepat, sebagai pemiliki website perlu melakukan demikian. Jika tidak, pengunjung website akan sedikit kecewa dengan berita yang telat disajikan. Tips mendapatkan berita terbaru;   
  • Ikuti berita pada media online yang paling terpercaya. Jangan hanya satu media online saja, tetapi beberapa media online sekaligus. 
  • Pantau berita setiap beberapa jam sekali atau jika ingin lebih akurat setiap 4 jam sekali dalam sehari. 
  • Jangan hanya memperbarui berita seputar olahraga sepakbola saja. Tetapi perbarui juga berita seputar jenis olahraga yang lainnya.
Tak hanya menyajikan berita olahraga melalui website? Tentu Seorang jurnalis olahraga juga dapat memberikan tips seputar olahraga. Selain itu, anda juga menambahkan aneka manfaat seputar olahraga. 

Info seputar tips, tentu akan membuat para pengunjung website lebih tertarik untuk membacanya. Terutama bagi mereka yang kurang suka dengan berita dan cenderung menyukai seputar tips saja. Tips menulis berita seputar olahraga membuat website lebih menarik dan enak ketika dibaca oleh para pembaca.

Apalagi bagi mereka yang menyukai olahraga, menjadi jurnalis olahraga lebih banyak mempunyai kesempatan ke luar kota, atau ke luar negeri, lebih mudah membuat tulisan sendiri (by line), dapat memunculkan banyak penggemar, dan segala kelebihan lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar