Cari Blog Ini

Senin, 19 November 2018

Perkembangan ICT 9: Sejarah Sosial Media dan Fungsi Komunikasi


Sosial media telah menjadi unsur populer dan dibutuhkan dalam bagian gaya hidup tiap manusia. Sosial media merupakan suatu platform wahana interaksi pergaulan dunia internet atau online. Para pengguna sosial media dapat melakukan interaksi, komunikasi dan sharing di dunia maya yang tanpa ada batasan waktu dan jarak, selama tersambung dengan internet.

Sosial media awalnya bertujuan untuk menjalin komunikasi antar komunitas dengan ruang lingkup kecil untuk tujuan tertentu. Kini perkembangannya tidak lagi sebatas media pergaulan sosial, namun telah berkembang menjadi media informasi, komunikasi, interaksi, bahkan promosi era digital dan bisnis online.

Perkembangan sosial media begitu signifikan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2002 kita mengenal yang namanya friendster. Friendster sempat merajai dunia sosial media, mengingat penggunanya cukup tinggi. Tidak heran peminatnya tinggi mengingat banyak orang yang ingin membuka pergaulan di dunia maya yang tanpa batas.

Sejarah sosial media-Terlahirnya Sosial Media dan Website

Awal perkembangan sosial media yaitu pada tahun 1978 yaitu penemuan sistem papan buletin, pengguna dapat mengunggah, atau mengunduh informasi, dan melakukan komunikasi dengan mengunakan surat elektronik yang koneksi internetnya terhubung pada saluran telepon modem. Sistem papan buletin ini diciptakan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang keduanya yaitu sesama pecinta dunia informasi atau komputer. Perkembangan sosial media pertama kali dilakukan melalui pengiriman surat elektronik pertama yaitu peneliti ARPA ( Advanced Research Project Agency) pada tahun 1971. Dilanjutkan pada tahun 1995 Kelahiran situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting, yaitu layanan untuk penyewaan penyimpanan data - data website supaya halaman website tersebut dapat di akses lewat mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website yang lain.


Pada tahun 1997 tumbuh situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial tetapi Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com. Pada tahun 1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial. Tahun 2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi terkenal, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi sangat fenomenal.

Tahun 2003 yaitu tahun berdirinya LinkedIn, tak hanya digunakan untuk bersosial, LinkedIn juga memiliki fungsi untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari Media Sosial semakin berkembang. Tahun 2003 yaitu berdirinya MySpace, MySpace memberikan kemudahan pada saat menggunakannya,sehingga myspace dikatakan situs jejaring sosial yang user friendly. 2004 yaitu 

Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota paling banyak. Tahun 2006 adalah lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan jejaring sosial yang lainnya, disebabkan karena pengguna dari situs Twitter ini hanya dapat mengupdate status atau yang dinamakan Tweet ini yang hanya di batasi untuk 140 karakter. Tahun 2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring sosyaituial pertama sekali diluncurkan yang bertepatan pada peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. 

Situs ini diharapkan untuk bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan di seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun dilakukan kelompok dan pada tahun 2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada saat awal peluncuran. google+ hanya sebatas untuk pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.

Pesatnya perkembangan media sosial disebabkan karena semua orang dapat memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial dapat untuk mengakses media sosial dengan menggunakan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa menggunakan biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas dapat mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model konten lainnya.

Contoh dari media sosial yang umum dipakai pada era ini yaitu facebook, line, dan instagram :
Facebook yaitu sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan februari 2004, dan berkantor pusat di menlo park, california, amerika serikat. Pada september 2012, facebook memiliki lebih dari satu milliar pengguna aktif, lebih dan dari separuhnya menggunakan telepon genggam.
Line yaitu layanan jejaring sosial yang dikembangkan oleh perusahaan dari jepang yaitu NHN corporation. Line dirilis pada bulan juni 2011.

Instagram merupakan layanan jejaring sosial yang difungsi utamakan untuk berbagi foto, video, dan chat. Instagram didirikan oleh perusahaan Burbn,inc yang dirilis pada tahun 2010.
Awal mula sosial media berbasis website terbentuk pada tahun 1995 dengan lahirnya site Geocities. Site Geocities merupakan tonggak lahirnya berjuta juta website lain di dunia online. Site ini bergerak dalam usaha sewa hosting untuk menyimpan data-data di dunia online untuk dapat diakses oleh banyak orang dengan internet. Dari sinilah terlahir inovasi dan pengembangan website. Di Tahun 70 an aktifitas berkirim surat elektronik (email) dengan sistem buletin sudah terjadi. semua itu dilakukan masih dengan saluran telephone yang terhubung dengan modem.

Dunia sosial online-pun terus mengalami perkembangan. Di tahun 1997 sampai 1999 terciptalah media sosial komunitas pertama dengan nama sixdegree dan classmates.Cakupan sosial media ini masih terkesan mengkhusus untuk kelompok dan tujuan tertentu. Dunia online terus berkembang hingga lahirlah friendster (2002) yang cukup terkenal dengan cakupan pengguna yang lebih luas.
Bagaimana sosial media kini berkembang

Dunia online dan internet terus mengalami inovasi dan pengembangan. Hingga ada yang namanya blog. Blog hadir sebagai media online untuk kalangan yang senang menulis dan berbagi. Awal kelahiran blog lebih terkesan sebagai diary, media catatan pribadi. Era digital saat ini blog menjadi sesuatu yang wajib. Tidak hanya memuat diary namun blog juga dijadikan media promosi bisnis.

Semakin meningkatnya kemampuan intelektual dan inovasi perkembangan teknologi, membentuk fenomena era digital. Berbagai sosial media lahir dan bertumbuh subur. Sosial media telah menjadi bagian dari gaya hidup kekinian. Sosial media dengan berbagai karakter dan keunggulannya masing-masing telah lahir sebagai sarana yang dianggap mampu membantu kehidupan masyarakat masa kini. Ada Facebook, twitter, myspace, linkedln, wiser, google+, pinterest, path, instagram dan lain sebagainya.

Aktivitas di media sosial sudah menjadi konsumsi sehari hari masyarakat. Keberadaannya tidak hanya sebagai media interaksi dan komunikasi, namun sudah pada fungsi bisnis. Media online dijadikan media jual-beli online, sekarang bisa!. Media online sebagi tempat beriklan, juga bisa. Tidak ada yang tidak bisa di era digital

Fakta yang ada, manusia terlahir selain sebagai makhluk individu dengan karakter dan ciri khasnya masing-masing. Manusia juga makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari manusia lain. Namun perkembangan sosial media bukan tidak memiliki efek buruk. Gaya hidup yang menjadikan sosial media sebagai cara bergaul, menyebabkan matinya pergaulan tatap muka dengan santai obrol- obrol langsung. Tidak jarang fenomena gathering namun masing-masing orang sibuk mantengin gadget memilih bersosialita di dunia maya.

2 komentar:


  1. Komentar saya Media sosial adalah salah satu perkembangan teknologi yang memiliki banyaknya manfaat dalam memberikan kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Media sosial sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berbagi dan mendapatkan informasi.

    Kemajuan teknologi komunikasi dimanfaatkan untuk semua kalangan usia. Melalui media sosial banyak kita dapat manfaatnya yaitu sebagai sarana berinteraksi dengan kerabat yang jauh dan mengetahui informasi yang ada diluar atau terupdate yang terjadi didunia ini namun dibalik banyak pula sifat positif yang ditimbulkan oleh media sosial dan pastinya ada dampak negatifnya juga yang ditimbulkan oleh media sosial.

    Peran kita sebagai orang dewasa dalam mengedukasi kerabat/keluarga yang masih kecil adalah bagaimana menggunakan media sosial atau internet atau gadget dengan bijak dan cenderung lebih mengutamakan bermain diluar dan berinteraksi pada teman sekitarnya yang mana lebih membantu tumbuh kembang kerabat/keluarga yang masih kecil dengan baik dari pada hanya duduk terdiam didepan gadget.

    BalasHapus
  2. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    BalasHapus