Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein
mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis
internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang
memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content"
Klasifikasi media sosial
Media sosial
teknologi mengambil berbagai bentuk termasuk majalah, forum internet, weblog,
blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat
dan bookmark sosial. Dengan menerapkan satu set teori-teori dalam bidang media
penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial
(self-presentasi, self-disclosure) Kaplan dan Haenlein menciptakan skema
klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial dalam artikel Horizons Bisnis
mereka diterbitkan dalam 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media
sosial
Proyek Kolaborasi
Website
mengijinkan usernya untuk dapat mengubah, menambah, ataupun me-remove konten –
konten yang ada di website ini. contohnya wikipedia
Blog dan microblog
User lebih bebas
dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat ataupun mengkritik
kebijakan pemerintah. contohnya twitter
Konten
para user dari
pengguna website ini saling meng-share konten – konten media, baik seperti
video, ebook, gambar, dan lain – lain. contohnya youtube
Situs jejaring sosial
Aplikasi yang
mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi
sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti
foto – foto. contoh facebook
Virtual game world
Dunia virtual,
dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk
avatar – avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya
di dunia nyata. contohnya game online.
Virtual social world
Dunia virtual yang dimana penggunanya
merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi
dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke arah
kehidupan, contohnya second life.
Ciri - ciri media sosial
Media sosial
mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :
- Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
- Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
- Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
- Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Pertumbuhan media sosial
Pesatnya
perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki
media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio,
atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain
halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan
media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun,
tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan.
Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi
baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
Menurut Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat. Tak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan kebutuhan menciptakan personal branding.
Perkembangan dari media sosial ini sungguh pesat, ini bisa di lihat dari banyaknya jumlah anggota yang di miliki masing - masing situs jejaring sosial ini, berikut tabel jumlah anggota dari masing - masing situs yang di kutip dari (August E. Grant:297) pada 1 mei 2010 :
Menurut Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat. Tak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan kebutuhan menciptakan personal branding.
Perkembangan dari media sosial ini sungguh pesat, ini bisa di lihat dari banyaknya jumlah anggota yang di miliki masing - masing situs jejaring sosial ini, berikut tabel jumlah anggota dari masing - masing situs yang di kutip dari (August E. Grant:297) pada 1 mei 2010 :
No
|
Nama situs
|
Jumlah member
|
1
|
facebook
|
250.000.000
|
2
|
myspace
|
122.000.000
|
3
|
twitter
|
80.500.000
|
4
|
linkedin
|
50.000.000
|
5
|
ning
|
42.000.000
|
Media sosial dan swasta
Kerangka sarang lebah mendefinisikan
bagaimana media sosial layanan fokus pada beberapa atau semua tujuh blok
bangunan fungsional (identitas, percakapan, berbagi, kehadiran, hubungan,
reputasi, dan kelompok). Bangunan blok tersebut membantu memahami kebutuhan
pertunangan dari audiens media sosial. Sebagai contoh, pengguna LinkedIn peduli
kebanyakan tentang identitas, reputasi dan hubungan, sedangkan blok utama
YouTube bangunan berbagi, percakapan, kelompok dan reputasi
Banyak perusahaan membangun wadah sosial sendiri yang mencoba untuk menghubungkan blok bangunan tujuh fungsional sekitar merek mereka. . Ini adalah komunitas swasta yang melibatkan orang-orang di sekitar tema yang lebih sempit, seperti di sekitar panggilan tertentu, merek atau hobi, dari wadah media sosial seperti Facebook atau Google+
Sementara jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, Plurk, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita
Banyak perusahaan membangun wadah sosial sendiri yang mencoba untuk menghubungkan blok bangunan tujuh fungsional sekitar merek mereka. . Ini adalah komunitas swasta yang melibatkan orang-orang di sekitar tema yang lebih sempit, seperti di sekitar panggilan tertentu, merek atau hobi, dari wadah media sosial seperti Facebook atau Google+
Sementara jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, Plurk, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita
10 Website Social
Networking Terpopuler
Social Networking adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan sebuah website berbasis jejaring sosial artinya suatu website yang memungkinkan adanya interaksi antara anggota atau pengikut dari website tersebut secara penuh, saat ini website jejaring sosial merupakan website yang paling banyak mendapatkan kunjungan setelah website search engine, bahkan dalam beberapa kondisi tertentu website jejaring sosial merupakan website yang memiliki tingkat kunjunagn tertinggi, sebut saja Facebook, saat ini facebook merupakan website yang paling banyak di kunjungi dibeberapa negara, termasuk di Indonesia.
Ok, berikut ini daftar 10 website jejaring sosial terpopuler di dunia :
Situs Social Network Indonesia : www.paseban.com
Anda telah menjadi bagian dari website jejaring sosial? saya yakin sudah, minimal Anda telah memiliki akun facebook atau twitter.
1. FACEBOOK
Kayaknya
pertanyaan-pertanyaan itu ngak perlu dijawab deh. Secara, Facebook tuh jejaring
sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia khususnya
di Indonesia. Indonesia menduduki peringkat 3. Peringkat 1 dan 2 diduduki oleh
Amerika Serikat dan juga India.
Kenapa Facebook paling sering digunakan? Jawabannya yah karena Facebook itu user friendly. Udah gitu, fitur-fiturnya banyak banget. Kita tidak hanya bisa update status atau upload foto atau video, tapi kita juga bisa berbisnis di Facebook. (Ini sekarang yang aku lakuin. Hehehe)
link alamat facebook http://www.facebook.com
Kenapa Facebook paling sering digunakan? Jawabannya yah karena Facebook itu user friendly. Udah gitu, fitur-fiturnya banyak banget. Kita tidak hanya bisa update status atau upload foto atau video, tapi kita juga bisa berbisnis di Facebook. (Ini sekarang yang aku lakuin. Hehehe)
link alamat facebook http://www.facebook.com
Kalau
di Facebook, kita kan harus berteman dulu dengan orang, baru deh kita bisa chat
atau saling berkomentar di status. Nah, kalau Twitter ngak main kayak begituan.
Adanya tuh Follow. Fungsi dari Follow itu adalah supaya kita bisa mengetahui
status terbaru dari orang yang kita Follow tersebut. Jadi kalau kita tidak
ingin mengetahui apa-apa tentang orang tersebut, yah ngak usah di follow aja.
Wkwkwkw
Makanya
kenapa artis-artis lebih memilih menggunakan Twitter dari pada Facebook. Tapi
ya begitulah, untuk kalangan orang-orang yang sudah nyaman menggunakan
Facebook, mereka akan mengatakan bahwa Twitter itu ribet. Mau tahu ngak
ribetnya tuh kenapa? Kita hanya dibatasi 140 karakter. Udah gitu ngak ada yang
namanya komentar-komentar. Yang ada tuh RT(Reply Twitter). Ini nih yang sedikit
membingunkan. Hehehe
Tapi
kalau udah terbiasa, semuanya akan terasa lebih mudah kok. Percaya deh. Ini
link untuk masuk ke alamat twitter http://www.twitter.com
Jujur,
saya belum pernah sama sekali menyentuh google+. Jadi maaf saya tidak bisa
memberitahu lebih banyak tentang jejaring sosial ini. Tapi setelah saya search,
ternyata kelebihan google+ dibandingkan dengan facebook dan juga twitter yaitu
memungkinkan pengguna secara selektif berbagi dengan grup tertentu dalam
lingkaran teman yang ada. Alhasil semua kegiatan berbagi tak langsung dibagi ke
semua pengguna sekaligus.
Nah,
untuk masuk ke halaman google+ gambang banget. Kita tinggal masuk aja ke
halaman pencaarian google di http://www.google.com , setelah itu di
bagian pojok kiri atas klik link +Anda.
Yahoo
Messenger. Wuah, ngak usah dibicarain deh. Udah jago banget nih social
networking yang satu ini. Banyak banget kelebihannya. Nih ya aku sebutin satu
per satu.
1.Bisa video
streaming.
2.Bisa smsan.
3.Bisa teleponan.
2.Bisa smsan.
3.Bisa teleponan.
Itu
sih yang paling lebih dari YM (Yahoo Messenger) dibanding dengan yang lain.
Tapi fasilitas chat, new status masih tetap ada kok kayak yang lainnya.
Nah,
kalau misalnya kalian pada mau nyoba, aku saranin buat dowload langsung
aplikasinya(Maaf aku ngak bisa ngasih :D). Atau bisa juga dengan masuk ke
halaman Yahoo di http://www.yahoo.com terus
di deretan menu link klik deh Messenger.
Bisa
di bilang ini buyutnya social networking kali ya. Langsung aja ya kita masuk di
kelebihannya.
- Jumlah teman tak dibatasi.
- Skalanya internasional, jadi kita bisa add orang dari negara mana saja.
- Tidak perlu login dan menyetujui sebuah aplikasi ketika kita menerima komentar atau kiriman pesan berbasis html atau Javascript.
- Tidak bisa mengupload gambar-gambar yang tidak sopan dan tak senonoh.
- Tidak berafiliasi dengan berbagai aplikasi sehingga data atau gambar-gambar yang kita upload hanya menjadi milik kita dan Myspace tanpa dibagi pada pihak lain.
- Sangat mudah membuat playlist musik yang kita suka dan menyimpannya di halaman profil.
- Halaman profil lebih mewah dan mudah untuk diganti kapanpun kita mau. Khusus fitur ini, kita bebas mengambil dari Myspace atau pun pihak luar yang tidak berafiliasi dengan Myspace.
- Menyediakan fasilitas halaman khusus yang disebut 'Myspace Music' buat para musisi atau group band yang ingin mempromosikan diri dan karyanya,
- Lebih mirip sebuah website.
Untuk
mencaobanya, anda bisa langsung ke alamat ini http://www.myspace.com
Plurk.
Kenapa dinamakan Plurk? Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog
gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu
plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang
maksimum 140 karakter. Wah, sama nih kayak twitter. Tapi ada bedanya donk. Ini
dia kelebihan dari plurk.
- Mempunyai tampilan yang dapat kita ubah sesuai dengan keinginan.
- Tidak banyak reload.
- Plurk memiliki penghargaan kepada pengguna seperti karma dan lencana yang didapatkan setelah memenuhi syarat tertentu. Yang tentu saja membuat pengguna plurk jadi mempunyai tanda dari apa yang mereka lakukan selama ini.
Langsung
aja yah ke alamatnya di http://www.plurk.com
Sebenarnya
Skype dengan Yahoo Mesengger hampir sama. Nih ya kelebihan skype.
- Skype dapat secara otomatis menyimpan hasil chatting, tanpa perlu melakukan apapun.
- Tampilan Jendela Skype kelihatan lebih menarik dan profesional.
- Berbicara dengan skype antar komputer/laptop hasilnya sangat jelas.
- Proses pengiriman file pada skype juga lebih mudah.
Langsung
ke http://www.skype.com buat
coba langsung !!!
Friendster
merupakan social networking pertama yang di kenal di Indonesia sebelum
munculnya Facebook. Bisa di bilang, Friendster merupakan pelopor munculnya
Facebook dan Twitter. Kalau mau bicara kelebihan dari Friendster, sebenarnya
sama saja sih dengan Facebook. Ada fasilitas buat update status, upload foto,
nyari teman sebanyak-banyaknya, pokonya semuanya ada semuanya di Facebook dan
Twitter.
Nah,
kalau mau bicara kekurangannya lumayan. Hehehe
Di
Friendster, tidak ada fasilitas untuk mengomentari status dan juga tidak ada
fasilitas chatting.
Tapi
ada satu jagonya Friendster, kita bisa mengubah background sesuai dengan
keinginannya kita. Ini yang di ikuti twitter kali ya. Hehehe
Nih linknya http://www.friendster.com
9.ME2DAY
Me2day
nih social networking kepunyaan Korea. Kenapa aku masukin ini ke tulisanku?
Yups, karena sekarang Indonesia lagi demam banget sama semua yang berbau Korea.
Dari Girlband & Boyband, bahasa Korea, makanannya, pokoknya semuanya deh
yang berbau Korea.
Mungkin
waktu pertama kita masuk ke halaman Me2day di http://www.me2day.net/ ,,
kita akan dikejutkan dengan tulisannya. Kenapa? Semuanya tulisan Hangul. Oh ya?
Tapi tenang. Bisa pakai bahasa Inggris juga kok.
Fasilitanya
sama aja sih kayak social networking yang lain. Yang bikin beda cuma
penggunanya aja. Kebanyakan orang Korea.
Ini
nih social networking kepunyaan Indonesia. INDOGOO , kalau ngak salah kepanjangannya
itu Indonesia Go Online. Bangga saya jadi orang Indonesia. Ngak kalah bersaing
dengan orang-orang di luar sana. Hehehe
Di
Indogoo ini fasilitas dari Facebook, Twitter, dan Plurk sepertinya
digabungkan.(Menurut penglihatanku). Karena di Indogoo ini ada fasilitas untuk
tambahkan jadi teman, follow, dan lencana. Keren-keren.:)
Udah
gitu Room Chat dan Forum tampilannya menarik?
Tertarik? Langsung aja menuju ke http://www.indogoo.com
Tertarik? Langsung aja menuju ke http://www.indogoo.com
Itu
dia beberapa social networking yang lagi ngetrend di Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar