Media Massa (Mass Media)– sebuah organisasi. Dalam istilah Griffin (2002), organisasi
Dalam media juga ada manajemen. Menurut Encyclopedia Americana, manajemen itu ” the art of coordinating the elements of factors of production towards the achievement of the purposes of an organization”. Seni koordinasi elemen faktor-faktor produksi menuju pencapaian tujuan organisasi.
Ah, lieur kalo perspektif teoritis mah. Kita omongin hal praktis sajalah… !
Struktur organisasi media massa dibagi menjadi empat bagian yang dipimpin oleh seorang Pemimpin Umum (PU):
- Redaksi (Departemen Editorial)
- Pemasaran (Departemen Marketing/ Sales)
- Administrasi (Departemen umum GA dan HRD)
- Teknologi (Departemen Teknis)
Bagian Redaksi (Departemen Editorial)
Bidang Redaksi dipimpin oleh Kepala Bagian, yakni Pemimpin Redaksi (Chief Editor, Editor in Chief). Ingat ya, Pemimpin Redaksi. Disingkat jadi Pemred, bukan Pimred. Kalo Pimred = Pimpinan Redaksi = Tim = Pemred s.d. Editor/Koordinator Liputan.Pemred adalah “panglima tertinggi” para wartawan. Ia membawahkan jajaran redaksi, mulai dari Redaktur Pelaksana (Managing Editor), Editor (Redaktur), Reporter dan Fotografer, hingga Proof Reader (Korektor).
Pemimpin Redaksi bertanggung jawab atas kinerja redaksi dalam proses pemberitaan (news prosessing) yang terdiri dari:
- News Planning (perencanaan isi/desain isi/rancangan liputan)
- News Gathering/news hunting (peliputan/wawancara/pengumpulan bahan berita)
- News Writing (penulisan naskah berita)
- News Editing (penyuntingan naskah berita)
- News Publishing (penerbitan/penyebaran).
- Politik/ hukum/ keamanan: Meliputi Eksekutif (istana negara), Legislatif (MPR, DPR, DPD) dan Yudikatif (MA, Kejaksaan Agung dan MK), serta POLRI dan TNI.
- Ekonomi: Meliputan Makro Ekonomi (Keuangan: BI, OJK, Kementerian keuangan dan perbankan, serta Finansial), Mikro Ekonomi (Perdagangan, Perindustrian dan UKM)
- Olah raga: Meliputi Sepak Bola dan Olah raga lainnya
- Soft News: Sosial, Budaya, Seni dan kosmos (hal-hal yang unik, menarik dan viral di jagad internet)
- Pemimpin Redaksi
- Redaktur Pelaksana
- Editor (Redaktur), termasuk Editor bahasa (jika diperlukan) dan Redaktur Pracetak (Desain/Layout)
- Koordinator Liputan (Korlip) –jika diperlukan.
- Reporter/Fotografer
- Proof Reader/Korektor Naskah (jika diperlukan)
- Layouter (Media Cetak); Webmaster/Webdesigner (Media Online).
Redaktur Pelaksana (Redpel) merupakan pelaksana teknis Pemred dan menjadi koordinator redaktur. Redaktur biasanya lebih dari satu, seperti Redaktur Opini, Redaktur Berita Kota, Redaktur Berita Olahraga, Redaktur Berita Ekonomi, dan seterusnya.
Pemasaran (Departemen Marketing/ Sales)
Ini bagian “mencari uang” (mendatangkan keuntungan). Bagian Pemasaran dipimpin Kepala Bagian yaitu Manajer Pemasaran (Marketing Manager). Ia membawahkan sub-bagian sirkulasi/distribusi/penjualan (media cetak), sub-bagian promisi, dan sub-bagian iklan. Bagian promosi bisa juga dikelola khusus oleh Bagian humas (Public Relations) atau Marketing Communications (Marcom).Administrasi (Departemen umum GA dan HRD)
Ini bagian urusan kantor atau sekretariat. Bisa dikepalai oleh Manager Personalia dan Umum, bisa juga oleh seorang Kepala Sekretariat yang membawahkan para staf kantor, termasuk Front Office, Satpam, dan Office Boy (OB). Untuk urusan administrasi redaksi, bisa juga ditangani khusus oleh Sekretaris Redaksi (Sekred).Teknologi (Departemen Teknis)
Ini bagian alat produksi, seperti komputer. Media elektronik (radio dan televisi) dipimpin oleh Manajer Teknik yang menangani alat-alat siaran, mulai pemancar, antena, hingga mikrofon. Untuk media online ditangani bagian IT atau Webmaster.Struktur organisasi media di atas sekadar gambaran umum manajemen organisasi sebuah media massa. Pada pelaksanaanya sangat fleksibel, tergabung pada besar-kecilnya media dan jenis medianya. Manajemen media sebuah media online bahkan bisa dilakukan oleh satu orang saja –ia merangkap jabatan sebagai pemred, editor, reporter, webmaster, dan marketer sekaligus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar