Cari Blog Ini

Selasa, 31 Oktober 2017

Jurnalistik Online 4: Jenis Media Online dan Penerapan Jurnalistik


Media Online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing.

Media online berupa situs berita bisa diklasifikasikan menjadi lima kategori:
- situs berita berupa "edisi online" dari media cetak surat kabar atau majalah.
- situs berita berupa "edisi online" media penyiaran radio.
- situs berita berupa "edisi online" media penyiaran televisi.
- situs berita online" murni yang tidak terkait dengan media cetak atau elektronik.
- situs "indeks berita" yang hanya memuat link-link berita dari situs berita lain.

Dari sisi pemilik atau publisher, jenis-jenis website dapat digolongkan menjadi enam jenis:
- News organisation website: situs lembaga pers atau penyiaran
- Commercial organization website: situs lembaga bisnis atau perusahaan
- Website pemerintahan
- Website kelompok kepentingan (interest group)
- Personal website (blog)

Kredibilitas media online


Media online diragukan dari sisi kredibilitas mengingat orang yang tidak memiliki keterampilan menulis (jurnalistik) yang memadai pun isa mempublikasikan informasinya. Kredibilitas tinggi umumnya dimiliki media online yang dikelola oleh lembaga pers yang juga menerbitkan edisi cetak atau elektronik.

Pesatnya pertumbuhan internet di Indonesia memiliki dampak yang signifikan terhadap pengguna media. Indonesia mendapat rangking ketiga seasia tenggara sebagai pengguna internet terbanyak setelah China dan India. Prospek ini mempengaruhi maraknya pertumbuhan media online. Bahkan menurut data penelitian AJI sendiri media online sendiri naik 26 % menjadi 30 % dibandingkan tahun lalu, setelahnya baru media televisi, cetak dan radio menjadi topik diskusi menarik.

(M.Romli, Asep Syamsul. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung. Penerbit Nuansa Cendekia).

Secara teknis atau ‘fisik’, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia, yakni memadukan antara komputer dan internet. Yang termasuk dalam kategori media online di antaranya portal, website (situs web, termasuk blog dan media sosial seperti facebook dan twitter), radio online, TV Online dan E-mail (Romli: 2012).

Secara umum dan masyhur di kalangan masyarakat, media online merupakan bentuk baru atau wajah baru jurnalistik dalam era media baru. Utamanya ialah website berita (news online media).

Asep Syamsul Romli mengklasifikasikan jenis-jenis media online menjadi lima kategori:
  1. Situs berita berupa edisi online dari media cetak surat kabar atau majalah, seperti republika online, kompas.com, tribunnews.com dan pikiran-rakyat.com.
  2. Situs berita berupa edisi online media penyiaran radio, seperti Radio Australia (radioaustralia.net.au) dan radio Nedderland (rnw.nl).
  3. Situs berita berupa edisi online media penyiaran televisi, seperti metrotvnews.com dan liputan6.com.
  4. Situs berita online murni yang tidak terkait dengan media cetak atau elektronik, seperti antaranews.com, islampos.com detik.com dan viva.co.id.
  5. Situs indeks berita yang hanya memuat link-link berita dari situs berita lain, seperti Yahoo! News, Google News, NewsNow, Chelseanews.com dan lain sebagainya.
Dari sisi pemilik (owner) atau publisher, jenis website dapat digolongkan menjadi enam, yaitu:
  1. News Organization Website: situs lembaga pers atau penyiaran, seperti edisi online surat kabar, televisi, agen berita, dan radio.
  2. Commercial Organization Website: situs lembaga bisnis atau perusahaan, seperti bisnis online atau toko-toko online (online store).
  3. Website Pemerintah: di Indonesia ditandai dengan domain [dot] go.id seperti kemenag.go.id untuk website Kementerian Agama RI dan dpr.go.id untuk website DPR RI.
  4. Website Organisasi Non-Profit: seperti lembaga amal atau grup komunitas.
  5. Website Kelompok kepentingan (Interest Group), termasuk website ormas, parpol dan LSM.
  6. Website Blog (Blog) atau Personal Website.

Kata online itu berasal dari kata on dan line, on artinya hidup, line artinya saluran. Pengertian Online adalah keadaan komputer yang terkoneksi/ terhubung ke jaringan Internet. Sehingga apabila komputer kita online maka dapat mengakses internet/ browsing, mencari informasi-informasi di internet.

Teknik Penulisan Berita yang Baik dan Benar sesuai dangan Kaidah Jurnalistik

* 5W1H : Who, Whan, When, Where, Why & How


Secara "teknis", menulis berita itu melaporkan peristiwa dengan menyusun unsur atau elemen berita yang terangkum dalam istilah 5W+1H:
* Who - Pelaku, subjek. Siapa? Siapa yang melakukan? Siapa yang mengadakan? Siapa yang terlibat? Biasanya nama orang atau lembaga.
* What - Peristiwa. Apa? Melakukan apa? Mengadakan apa? Ngomong apa? Menyelenggarakan apa?
* Where - Tempat. Di mana diadakannya? Di mana terjadinya? Di mana lokasinya?
* When - Waktu. Kapan? Hari apa tanggal berapa? Iraha? Berpa lama?
* Why - Tujuan, latar belakang peristiwa. Kenapa? Untuk apa? Apa tujuannya? Mengapa terjadi? Kenapa diadakan? Kenapa ngomong begitu?
* How - Detail peristiwa. Bagaimana ceritanya? Bagaimana kejadiannya? Prosesnya? Ada apa saja?

* Piramida Terbalik.
* Keenam unsur berita tersebut lalu disusun dengan mengacu pada format pemberitaan yang dikenal dengan istilah piramida terbalik (inverted pyramid), yakni mengedepankan unsur terpenting dalam peristiwa. Fakta terpenting atau paling menarik dituliskan di awal berita, sedangkan fakta lain dituliskan di bagian berikutnya.


1 komentar: