Bagaimana bisa cerita tentang seorang Setya Novanto antara media online seperti detik.com dengan metrotvnews.com atau penayangan berita di media online lainnya berbeda? Itu karena setiap media online mengadopsi nilai berita sendiri. Ini bisa dikatakan dalam secara prinsip, tetapi lebih sering, nilai-nilai berita ini tidak tertulis dalam aturan media online yang bersangkutan, namun masih dipahami dengan jelas dari yang seharusnya.
Para staf redaksi yang dinilai memiliki "penilaian berita baik" biasanya memiliki pemahaman yang tajam tentang jenis cerita yang dianggap penting oleh media online mereka. Preferensi-preferensi tersebut dibentuk oleh beberapa pertimbangan:
• Demografi dan budaya - Bagaimana rincian usia masyarakat? Komposisi rasial? Industri utama? Masalah inti? Cerita-cerita yang mungkin terungkap dari kisah di satu kota yang penuh dengan anak muda, berbeda dengan kota yang didominasi banyak pensiunan, atau bahkan di sebuah kota yang penuh dengan perguruan tinggi.
• Persaingan - Kisah seperti apa yang menyebabkan persaingan antar media online? Bagaimana media online melayani masyarakat dalam memperlakukan berita? Di mana media online di kota tersebut mendapatkan sumber berita mereka? Apakah media online itu memiliki aliansi dengan grup media online lain di daerah tersebut? Bagaimana dengan situs web yang memuat berita tentang kota kita?
Memantau semua outlet berita ini penting. Ketika orang mencoba menjejalkan lebih banyak pekerjaan, tugas dan kegiatan lain ke dalam kegiatan mereka, hambatan terbesar bagi pemirsa, pendengar, dan pembaca adalah ruang waktu. Karena para awak redaksi ingin memastikan agara setiap orang menemukan bacaan media online yang layak untuk saat mereka membaca sebagai bagian dari investasi waktu mereka.
• Nilai-nilai Media Online - Seringkali ini ditetapkan oleh manajer umum dan direktur pemberitaan, sehingga kebijakan redaksi dapat, dan memang bisa berubah ketika pimpinan redaksi tersebut baru datang ke ruang rapat redaksi.
Reporter yang cerdas adalah murid yang baik dari semua faktor di atas, bukan sebagai taktik untuk menyesuaikan diri dengan bos, tetapi karena berita itu masuk akal, tidak hanya untuk mengenal situasi di sekelilingnya secara menyeluruh tetapi juga untuk mengetahui bagaimana media online Anda memperlakukan informasi berita itu. Banyak wartawan yang akhirnya frustrasi - atau dipecat - karena mereka gagal mempelajari apa yang penting bagi atasan mereka / direktur pemberitaan mereka.
Ketika para wartawan menapaki tangga jurnalisme, para redaktur/ produser dan wartawan cenderung bergerak dengan baik, terutama di tahun-tahun awal karier mereka. Kebanyakan mereka tiba di kota baru dan hanya mengetahui sedikit informasi di lokasi lingkungan tempat mereka yang ingin dipertimbangkan untuk tinggal. Tetapi dengan akses internet ke media online, hanya dengan beberapa klik saja, lebih memudahkan dari sebelumnya untuk mengatasi masalahnya, bahkan sebelum Anda tiba dihari pertama bekerja. Jurnalis cerdas, memastikan mereka berkomitmen terhadap layanan publik.
Reporter yang cerdas memahami nilai, prioritas dan gaya pimpinan mereka dan belajar untuk menyusun proposal atau rencana peliputan yang sesuai dengan preferensi tersebut. Itu tidak berarti Anda harus mengabdikan diri untuk menyenangkan atasan tetapi lebih untuk memastikan upaya Anda sesuai dengan kebijakan redaksional.
Jadi bagaimana Anda memutuskan menilai unsur berita?
Mendiang David Brinkley pernah berkata, "Berita adalah apa yang saya katakan."
Mungkin kedengarannya agak sombong, tapi apa yang dimaksud Brinkley adalah tidak ada aturan mutlak apa yang menentukan Anda saat membuat berita. Apa yang mungkin tampak seperti ide cerita hebat untuk seorang reporter, dapat dianggap sebagai omong kosong oleh direktur pemberitaan.
Sebuah proposal berita yang terencana dengan baik adalah fondasi untuk sebuah cerita yang dilaporkan dengan baik, yang kemudian merupakan kerangka untuk sebuah cerita yang ditulis dengan baik. Itu adalah kisah-kisah yang memiliki dampak terbesar pada pembaca media online.
Nilai Berita dan unsur-unsurnya |
• Ketepatan waktu - Suatu peristiwa yang terjadi pagi ini memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk membuat siaran berita hari ini daripada sesuatu yang terjadi kemarin atau minggu lalu - kecuali kita dapat memperbarui cerita.
• Kedekatan - Apakah peristiwa itu terjadi di kota kami? Daerah kita? Truk yang terbakar ketika memuat di sebuah pabrik di kota yang terdekat, jauh lebih penting bagi pembaca daripada jika insiden yang sama terjadi di kota yang berjarak 500 km jauhnya.
• Signifikansi - Apa implikasi dari peristiwa yang kita laporkan? Apa yang akan terjadi? Jika jawaban untuk pertanyaan itu "tidak banyak," maka mungkin kita memiliki cerita dengan banyak drama tetapi sedikit kekuatan.
• Mempromosikan - Apakah tokoh sentral dalam cerita kita dikenal luas? Jika walikota ditangkap karena mengemudi mabuk, itu cerita besar. Jika seorang pekerja di pabrik setempat ditangkap dengan tuduhan yang sama, tidak mungkin informasi ini menarik untuk diberitakan.
• Konflik - Apakah ada dua kelompok yang berhadap-hadapan dalam satu permasalahan? Tidak setiap berita harus memiliki ketidaksepakatan, tetapi biasanya informasi perselisihan satu dengan pihak lainnya, menjadi berita menarik.
• Drama - Banyak berita yang menonjol berisi unsur drama yang kuat. Misalnya: Pengacara dalam kasus korupsi, tiba-tiba memanggil saksi penting yang selama ini disembunyikan. Bagaimana seorang presiden berjuang agar tidak diinterpelasi oleh anggota dewan.
• Minat - Beberapa unsur di atas, tidak seluruhnya ada dalam sebuah informasi berita. Tetapi jika pembacara menganggapnya menarik, itu cukup mengangkat nilai berita.
Berita-berita yang baik dan bernilai tinggi memiliki banyak, atau jika tidak semua elemen di atas. Seorang reporter yang baik melakukan cek list daftar di atas dengan proposal cerita yang akan dibuat, sehingga berita yang diliput menarik bagi pembaca.
Berita buruk / berita lembut
Berita berat mengacu pada peristiwa, kecelakaan, pengumuman, dan perkembangan yang terjadi hari ini, dan mungkin masih berlangsung. Tantangannya adalah mengubah kejadian-kejadian ini menjadi cerita dengan awal, tengah, dan akhir - sesuatu yang lebih dari sekadar pembacaan fakta yang dibumbui dengan suara-suara dan sikap serius.
Akhir dari sebuah acara breaking news biasanya menandai-awal dari cerita.
Pimpinannya adalah kesimpulan - kita katakan berapa banyak kerusakan yang diakibatkan badai, apa yang diputuskan dewan kota, dan di mana petir menerjang dan siapa yang terluka.
Soft news, atau features, adalah cerita yang menambah rasa pada berita tetapi biasanya tidak terkait pemberitaan harian. Tapi itu bisa menjadi yang paling berkesan bagi pembaca.
Jika ada kereta api di sebuah kota bertabrakan dengan salah satu mobil tanker yang menyebabkan truk itu meledak, itu menjadi kabar berita yang harus segera sampaikan hari itu juga. Tetapi bagaimana seekor anjing berkaki tiga (pincang) membantu seorang wanita di kursi roda, merupakan kisah yang dapat kita ceritakan besok atau minggu depan.
Parameter berita
Setelah Anda mengasah ide cerita, beberapa pekerjaan tetap ada sebelum Anda mulai melaporkan. Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor sebelum memulai pelaporan:
• Rentang - Apa cakupan ceritamu? Apakah itu akan membutuhkan pelaporan dari timur tengah, eropa atau hanya beberapa berita dari taman lokal seperti seekor anjing menggigit orang-orang yang bermain di sana?
• Dimensi - Apa kerangka waktu untuk cerita kita? Apakah kita perlu rekaman arsip?
• Pendekatan - Apakah cara terbaik untuk menceritakan kisah seseorang dengan profil, ringkasan, pembaruan, adegan-setter atau yang lain?
• Nada - Apakah ada perselisihan, tragedi, insiden komik? Mengatur suasana hati yang tepat adalah penting.
• Tema - Mungkin inilah elemen yang paling penting. Cerita kita tentang apa? Mengapa kita meminta perhatian pembaca? Di penulisan berita, kita dapat menentukan kalimat yang memberi tahu pembaca: "Inilah alasan saya memberi tahu Anda mengenai informai yang kami beritakan ini."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar